Selasa, 03 September 2013

Apa sih artinya Ospek?

Sebelum kita menjadi mahasiswa yang resmi di perguruan tinggi manapun pasti melakukan suatu kegiatan yang biasanya bernama OSPEK :) kalau di tempat saya sih OP OB (optimasi dan outbond). nah berawal dari situ kita hendaklah sungguh - sungguh menjalaninya, jangan percaya apa kata orang bahwa OSPEK itu hanya balas dendam dari kakak tingkat atau ajang gengsinya senior kerena sesungguhnya OSPEK itu cerminan bagaimana kita nanti akan menjadi mahasiswa.
ini pendapat saya mengenai pentingnya ospek untuk mahasiswa baru :

  • Mahasiswa baru diharapkan mampu beradaptasi menjadi seorang mahasiswa karena menjadi mahasiswa itu bukan seperti pelajar. sebelumnya saya ingin megupas sedikit tentang mahasiswa. Mahasiswa kerap sekali diminta untuk selalu kritis. sangat jauh berbeda dengan pelajar. selama menjadi pelajar, kita hanya datang ke sekolah, duduk, dan memperhatikan semua penjelasan dari guru. tapi, dalam kegiatan kemahasiswaan, dosen hanya memberikan intinya saja. dan disinilah, mahsiswa diminta untu kritis yang artinya selalu ingin mengetahui semuanya tanpa batas dengan usahanya sendiri.
  •  Jika kita disuruh melakukan hal yang berat - berat dan menguras tenaga itu adalah cerminan awal ketika kita akan benar - benar menjadi mahasiswa yang mempunyai tugas - tugas kuliah yang bisa menguras tenaga,tetapi jika kita terbiasa melakukannya maka hal itu lama – lama akan terasa ringan.
  • Mungkin bagi adik – adik yang mengisi liburan dengan hanya tidur dirumah, hal satu ini mungkin membuat kalian merasa keberatan. Biasanya pada acara OSPEK kita pasti di suruh berangkat pagi, ya kalau saya dulu sih sekitar jam 07.00 itu semua bertujuan agar kita bisa disiplin waktu aplikasinya pada perkuliahan agar kita berangkat kuliah tepat waktu dan dalam kita mengerjakan tugas bisa tepat waktu atau bahkan sebelum deadline bisa selesai.
  • Dalam kegiatan OSPEK biasanya juga ada kegiatan yang merlukan kerja kelompok, itu juga ada aplikasinya dalam perkuliahan pasti ada beberapa dosen yang memberi tugas secara berkelompok. So.. mulai dari OSPEK kita dapat memahami minimal anggota satu kelompok dan kita bisa belajar bagaimana caranya berorganisasi, menjadi seorang leadership, dan membetuk soft skill.
  • Kegiatan Inti dalam OSPEK biasanya terdapat banyak materi ya dulu saya juga berfikir materi itu tidak berguna,tetapi semakin mendalam ternyata semua materi yang saya anggap membosankan itu ternyata ada tujuannya.
Mungkin banyak yang menciut nyalinya ketika mendengar kata OSPEK KAMPUS, karena selama ini OSPEK KAMPUS diidentikan dengan pembodohan, Senioritas, kekerasan, dan lainnya. dalam ulasan diatas, saya sudah menyebutkan tujuan dari OSPEK. tapi ada pihak pihak yang tidak bertanggung jawab, yang menjadikan OSPEK menjadi tempat luapan emosi, arena pembalasana dendam, dan lain lain .

itulah yang membuat para calon mahasiswa menganggap OSPEK adalah pembodohan yang ga penting untuk dilakukan.
darimana kita tahu sistem perkuliahan, sarana dan prasarana kampus yang ada, organisasi dan kegiatan mahasiswa serta segala seluk beluk tentang kampus, kalau tidak ikut OSPEK.
disini saya menarik sebuah kesimpulan, bahwa OSPEK bukan hanya untuk pengenalan kampus, tetapi kita juga diberikan arahan untuk bagaimana cara menghargai senior dan mematuhi segala peraturan yang ada di perguruan tinggi tersebut.
 

Cukup sekian dulu yang dapat saya tuliskan,masih banyak kegiatan OSPEK yang bermanfaat jadi bersungguh – sungguhlah dalam menempuh OSPEK karena itu merupakan tonggak awal akan jadi apa kita kelak selama menjadi mahasiswa.
Semangat buat adik – adik yang akan menempuh OSPEK !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar